Materi Kuliah, Pengetahuan Umum

Close
Selasa, 17 Mei 2016

Pengertian, Jenis/Macam-macam, dan Tujuan Laporan Keuangan

Pengertian, Jenis/Macam-macam, dan Tujuan Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan atau organisasi pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan/organisasi tersebut. (Wikipedia)

Laporan keuangan adalah informasi yang disajikan untuk membantu stakeholders dalam membuat keputusan sosial, politik dan ekonomi sehingga keputusan yang diambil bisa lebih berkualitas (Mahmudi, 2007:11).

Laporan keuangan merupakan ringkasan dari proses pencatatan, yang merupakan ringkasan dari transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan. Laporan keuangan ini dibuat oleh pihak manajemen dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan tugas yang dibebankan kepadanya oleh pemilik perusahaan (Baridwan, 1997).

Laporan keuangan yang lengkap terdiri atas 5 komponen diantaranya adalah laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.  Perusahaan dianjurkan untuk menyajikan laporan keuangan yang menjelaskan karakteristik utama yang mempengaruhi kinerja keuangan, posisi keuangan perusahaan dan kondisi ketidakpastian (IAI, 2007).

Jenis/Macam-macam Laporan Keuangan

1. Laporan Laba Rugi (Income Statement)
Laporan laba rugi, adalah laporan keuangan yang menyajikan detail atau rincian pendapatan yang diperoleh dan beban yang terjadi selama satu periode akuntansi di suatu perusahaan atau mengetahui apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian pada periode tersebut.

2. Laporan Perubahan Modal (Capital Statement)
Laporan perubahan modal, adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan modal suatu perusahaan yang terjadi selama satu periode akuntansi, berfungsi untuk mengetahui apakah modal perusahaan bertambah atau berkurang.

3. Neraca (Balance Sheet)
Neraca, adalah laporan keuangan yang menunjukkan jumlah harta, utang, dan modal dari sebuah perusahaan selama satu periode akuntansi di perusahaan tersebut.

4. Laporan Arus Kas (Cash Flow)
Laporan arus kas, adalah laporan keuangan yang digunakan untuk mengetahui arus kas masuk dan kas keluar, dan juga melihat pengaruhnya terhadap saldo kas akhir periode. Arus kas masuk seperti pendapatan atau pinjaman dari pihak lain sedangkan arus kas keluar seperti biaya-biaya yang sudah dikeluarkan perusahaan.

5. Catatan atas laporan keuangan
Catatan atas laporan keuangan, adalah laporan keuangan yang dibuat berkaitan dengan laporan keuangan lain yang disajikan. Laporan ini memberikan informasi atau penjelasan secara rinci atau detail yang dianggap perlu terhadap laporan keuangan yang ada. Tujuannya agar pengguna laporan keuangan menjadi jelas dengan data yang disajikan. 

Tujuan Laporan Keuangan

Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 (IAI, 2007) tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja dan arus kas perusahaan yang bermanfaat bagi sebagian besar pengguna laporan yang berguna untuk membuat keputusan ekonomi dan menunjukkan pertanggungjawaban (stewardship) manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka. Untuk mencapai tujuan ini, laporan keuangan memberikan informasi tentang perusahaan yang meliputi: (1) aset; (2) kewajiban; (3) modal/ekuitas; (4) pendapatan dan beban, termasuk keuntungan dan kerugian; dan (5) arus kas.
Accounting Principles Board Statement No. 4 (dalam Belkaoui, 2006, h.212) mengklasifikasikan tujuan laporan keuangan menjadi 3 yaitu tujuan khusus, tujuan umum, dan tujuan kualitatif, dan menempatkan mereka di bawah suatu kumpulan pembahasan. Tujuan-tujuan ini dapat diringkas sebagai berikut:

1. Tujuan khusus dari laporan keuangan adalah menyajikan secara wajar dan sesuai dengan prinsip prinsip akuntansi yang berlaku umum, posisi keuangan, hasil usaha dan perubahan lain dalam posisi keuangan.

2. Tujuan umum laporan keuangan adalah sebagai berikut:
  1. Untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya tentang sumber kekuatan ekonomi dan kewajiban bisnis untuk mengevaluasi keuntungan dan kerugian, menunjukkan pendanaan dan investasi, evaluasi kemampuan untuk memenuhi komitmennya, menunjukkan berbagai dasar sumber daya bagi pertumbuhannya.
  2. Untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya tentang perubahan sumber daya bersih dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk membuat keuntungan agar dapat menyajikan harapan pengembangan dividen kepada investor; menunjukkan kemampuan operasi perusahaan dalam membayar kreditor dan pemasok, menyediakan lapangan kerja bagi karyawankaryawannya, membayar pajak, dan menghasilkan dana untuk ekspansi bisnis; memberikan informasi untuk perencanaan dan pengendalian terhadap manajemen; menyajikan keuntungan jangka panjang.
  3. Untuk memberikan informasi keuangan yang dapat digunakan untuk memperkirakan potensi pendapatan bagi perusahaan.
  4. Untuk memberikan informasi lain yang diperlukan mengenai perubahan dalam sumber daya ekonomi dan kewajiban.
  5. Untuk mengungkapkan informasi lain yang relevan dengan kebutuhan pengguna laporan.

3. Tujuan kualitatif dari laporan keuangan adalah sebagai berikut:
  1. Relevansi, yang berarti pemilihan informasi yang memiliki kemungkinan terbesar untuk memberikan bantuan kepada pengguna dalam keputusan ekonomi mereka.
  2. Dapat dimengerti, yang artinya tidak hanya informasi yang jelas, namun pengguna harus dapat memahaminya.
  3. Dapat diverifikasi, yang artinya hasil akuntansi dapat didukung oleh pengukuran yang independen, dengan menggunakan metode pengukuran yang sama.
  4. Netralitas, yang berarti bahwa informasi akuntansi yang ditujukan kepada kebutuhan umum dari pengguna, bukan kebutuhan khusus dari pengguna pengguna tertentu.
  5. Ketepatan waktu, yang berarti komunikasi informasi secara lebih awal, untuk menghindari keterlambatan atau penundaan dalam pengambilan keputusan ekonomi.
  6. Komparabilitas (daya banding), yang secara tidak langsung berarti perbedaan-perbedaan yang terjadi seharusnya bukan diakibatkan oleh perbedaan perlakuan akuntansi keuangan yang diterapkan.
  7. Kelengkapan, yang berarti sudah dilaporkannya semua informasi yang secara wajar memenuhi persyaratan dari tujuan kualitatif yang lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Jenis/Macam-macam, dan Tujuan Laporan Keuangan

6 komentar:

  1. informasinya lengkap ya mas. thanks your sharing :)

    BalasHapus
  2. contoh soal gelombang bunyi — Gelombang bunyi adalah salah satu gelombang mekanikal yang merambat dalam medium dalam kes ini sederhana mampu udara, air atau pepejal. Berdasarkan arah bunyi getaran tergolong dalam kumpulan gelombang membujur adalah gelombang yang menyebarkan oleh bergetar arahan mengenai arah perambatan
    bunyi ini boleh digunakan dalam kehidupan seharian. Penggunaan antara lain, dengan menggunakan ultrasonik (penggunaan dalam kesihatan). bunyi ini boleh digunakan dengan penyebaran pesat bunyi, pantulan bunyi dan resonans. Penggunaan dalam kehidupan harian seperti untuk mengira kedalaman laut, soal gelombang bunyi kelas 12 menjalankan kaji selidik geofizikal dan mengesan keretakan di dalam struktur logam
    ntuk memahami perambatan gelombang, menyediakan tali panjang yang satu hujung terikat kepada tempat yang tetap. Pertama, memegang hujung tali yang masih bebas. Tarik sedikit supaya tali mempunyai voltan. Angkatlah akhir anda tali sedikit ke atas dan perlahan-lahan tarik ke bawah. Apa yang berlaku kepada rantai? Setelah dipetik, tali itu akan merata denyut. Menjelaskan profil nadi yang bergerak ke kanan di sepanjang tali di beberapa masa yang berlainan, iaitu: t1 <t2 <t3 <t4 <t5.
    Pada masa t = t1, titik P pada tali masih belum terjamah. Apabila t = t2, titik P ity mula naik ke atas. Pada masa t = t3, titik P itu bangun dan memuncak pasa masa t = t5. Ia dilihat bahawa mata pada tali yang berada di puncak kiri yang semakin meningkat, manakala mereka yang di sebelah kanan puncak secara beransur-ansur jatuh.
    Jika sentakan ke bawah pada hujung tali dalam satu demi satu dengan kegoncangan ke atas. anda akan mendapatkan profil nadi. contoh soal fisika gelombang bunyi Jika pukulan itu dilakukan berulang kali, terdapat gelombang merambat di tali. Jadi, sentakan anda menyediakan sumber gelombang.
    gelombang bunyi tidak berhenti apabila bertemu dengan had masa sederhana atau masa untuk bertemu dengan halangan, tetapi ia akan melantun. Undang-undang pantulan gelombang, sudut tuju = sudut pantulan juga terpakai dengan gelombang bunyi.
    Ini renungan yang boleh digunakan untuk mengukur jarak di antara dua tempat.
    Pantulan gelombang bunyi oleh dan permukaan akan membawa soal fisika gelombang bunyi kelas 12 kepada salah satu daripada dua fenomena semula jadi, reverberations dan gema.
    Gelombang bunyi yang merambat dari satu medium ke medium yang lain dengan ketumpatan yang berbeza, akan menjalani pembiasan gelombang bunyi. peristiwa pembiasan dalam kehidupan kita, misalnya pada waktu malam bunyi guruh berbunyi lebih kuat daripada
    Oleh kerana pembiakan puasa contoh soal gelombang bunyi kelas 12 bunyi pada suhu yang sejuk adalah lebih kecil daripada haba kemudian kelajuan bunyi dalam lapisan udara atas adalah lebih kecil daripada di lapisan bawah, menyebabkan lapisan atas medium lebih tumpat daripada lapisan bawah sederhana. Perkara sebaliknya berlaku pada waktu malam. Jadi pada tengah hari bunyi geledek menyebarkan dari lapisan udara atas ke lapisan udara di bawah.
    Pembelauan adalah lenturan arah gelombang bunyi gerakan gelombang bunyi kerana ia melalui celah atau bertemu dengan halangan di jalan gerakan.
    Gelombang bunyi mempunyai panjang gelombang dalam contoh soal fisika gelombang bunyi kelas 12 julat beberapa sentimeter beberapa meter (berbanding dengan panjang gelombang panjang gelombang cahaya yang terdiri daripada 500 nm). Seperti yang kita telah melihat bahawa panjang gelombang gelombang yang lebih panjang dengan mudah didifraksi.
    sumber : http://www.materi.id/2016/09/contoh-soal-gelombang-bunyi.html

    BalasHapus
  3. mohon penjelasan laba, demi memenuhi tugas yg dikerjakan thanks

    BalasHapus