Materi Kuliah, Pengetahuan Umum

Close
Senin, 29 Februari 2016

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Hallo, pada artikel kali ini Kuliah.Info akan membahas mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Sel Tumbuhan
Sel Tumbuhan

sel hewan
Sel Hewan


Dari observasi pada sediaan sel daun tumbuhan (Elodea sp) dan sel epitel pipi manusia menggunakan mikroskop cahaya diperoleh hasil sebagai berikut :

Bagian sel
Elodea, hydrilla, valesneria
Sel epitel pipi
Sitoplasma
Ada
Ada
Inti/nukleus
Ada
Ada
Dinding sel
Ada
Tidak ada
Membran sel
Ada
Ada
Kloroplas
Ada
Tidak ada

Dari tabel diatas kita dapat mengetahui persamaan dan perbedaan antara sel hewan/manusia dengan sel tumbuhan. Bagian sel seperti dinding sel dan kloroplas ditemukan pada elodea (Tumbuhan) dan tidak ditemukan pada sel epitel pipi (Manusia/hewan).

Adanya dinding sel pada sel elodea menjadikan bentuk sel tumbuhan lebih jelas dibandingkan pada sel pipi. Kloroplas pada sel elodea berarti tumbuhan ini dapat mensintesis makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.

Jika diamati secara cermat, kloroplasl dan inti sel tumbuhan terletak di pinggir dekat ke dinding sel. Hal ini karena pada bagian tengah dari sel tumbuhan terdapat adanya vakuola besar yang terletak di tengah-tengah sel atau disebut juga vakuola sentral, sedangkan pada sel hewan tidak dijumpai adanya vakuola sentral, karena ukuran vakuolanya kecil.

Tidak adanya kloroplas pada sel hewan membuat hewan tidak dapat melakukan/membuat makanannya sendiri atau berfotosintesis seperti tumbuhan, maka dari itu kebutuhan nutrisinya berasal dari makanan disekitarnya.

Di dalam sel hewan terdapat organel yang disebut lisosom, lisosom berfungsi mencerna makanan yang diabsorbsi oleh sel. Organel lisosom tidak ditemukan pada sel tumbuhan.

Jika diamati reproduksi seksual pada sel hewan maka pada saat proses pembelahan sel ditemukan adanya sentriol dekat inti sel hewan. Organel ini umumnya tidak ditemukan pada sel tumbuhan. Gamet jantan pada hewan memiliki flagel, sedangkan pada tumbuhan tingkat tinggi tidak berflagel.

Dari beberapa pengamatan dan keterangan yang sudah disebutkan sebelumnya, dapat kita simpullkan beberapa perbedaan umum antara sel hewan dan sel tumbuhan. Berikut ini tabel perbedaannya.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Aspek
Sel Hewan
Sel Tumbuhan
Bentuk sel
Bervariasi
Tetap
Dinding sel
Tidak ada
Ada
Butir plastida
Tidak ada
Ada
Sumber energi
Makanan
Fotosintesis
Kloroplas
Tidak ada
Ada
Vakuola
Lisosom
Vakuola besar (Sentral)
Sentrosom
Ada
Tidak ada, kecuali tumbuhan tingkat rendah
Sentriol
Ada
Tidak ada, kecuali tumbuhan tingkat rendah
Flagel
Ada
Tidak ada


Sekian perbedaan sel hewan dan tumbuhan, semoga apa yang kami tuliskan di atas dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jika ada kesalahan penulisan atau penjelasan, kami mohon maaf. Terima kasih sudah berkunjung.


Referensi artikel dan gambar :
BIOLOGI PERTANIAN JILID 1
Amelia Zuliyanti Siregar, dkk

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

0 komentar:

Poskan Komentar