Materi Kuliah, Pengetahuan Umum

Close
Jumat, 12 Februari 2016

Pengertian dan Perbedaan Hub dan Switch


Pada artikel ini akan diulas mengenai apa itu hub dan switch dan juga perbedaannya, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Definisi/Pengertian Hub

Hub adalah sebuah alat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel Ethernet atau serat optik agar bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment). Hub bekerja pada lapisan wujud (lapis 1) dalam acuan OSI (OSI model).

Hub adalah istilah umum yang sering digunakan untuk menjelaskan central connection point pada sebuah network yang berfungsi untuk menerima sinyal dari suatu computer dan mentransfernya ke komputer lain.

Berdasarkan penggunaanya, hub terbagi menjadi dua yaitu, hub aktif dan hub pasif.

Hub aktif adalah hub yang berfungsi sebagai Repeater. Hub ini akan meregenerasi kemudian mengirimkan transmisi yang telah diperkuat.

Hub pasif adalah hub yang berfungsi sebagi pemisah dan pembagi sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke network.

Definisi/Pengertian Hub  Hub adalah


Kegunaan lain yang dimiliki Hub diantaranya:

  • Fleksibilitas dan kemudahan untuk menggunakan interface yang berbeda.
  • Memfasilitasikan penambahan, pengurangan, dan pemindahan pada Netwrok dengan mudah.
  • Memberikan manajemen service data informasi dan diagnostic yang terpusat.


Definisi/Pengertian Switch

Switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC.
Switch adalah sebuah alat jaringan


Switch atau sering disebut "smart hub" merupakan alat yang digunakan sebagai repeater atau penguat untuk menghubungkan kabel-kabel UTP dari satu komputer ke komputer lain.

Switch atau sering disebut "smart hub"

Di bagian dalam switch ini biasanya terdapat routing yang bisa digunakan untuk melakukan koneksi antara satu komputer dengan komputer yang lain dalam LAN.

Penggunaan switch sendiri bisa mengurangi terjadinya traffic network yang biasanya terjadi jika kita mentransmisikan paket ke semua port. Ini terjadi karena switch memiliki kemampuan untuk meneruskan paket secara langsung ke port yang dituju. Switch juga mempunyai kemampuan untuk memelihara daftar MAC Address yang dihubungkan ke port-nya. Karena sistem operasinya menggunakan MAC Address bukan IP Address, secara umum switch lebih cepat dibandingkan router.

Perbedaan Hub dan Switch

Bentuk dan fungsi hub dan switch hampir sama, yaitu sebagai alat transfer data antarkomputer di dalam jaringan, dan keduanya juga sama-sama mempunyai jack RJ-45 untuk berhubungan dengan suatu device, ada baiknya jika kita mengetahui perbedaan antara switch dengan hub ini.
  • Switch lebih dapat diandalkan dalam membuat jaringan daripada hub.
  • Hub memiliki beberapa kekurangan yang hanya bisa diakomodir oleh switch, misalnya hub tidak memiliki fasilitas untuk menangani traffic jaringan dan hanya bisa mengulang sinyal yang masuk ke seluruh port yang ada pada hub tersebut. Ini berbeda dengan switch yang setiap portnya bisa berguna sebagai bridge(Device yang bisa membagi-bagi sebuah jaringan ke dalam beberapa segmen). Jadi, jika suatu port terhubung dengan sebuah device, device tersebut akan bersifat independen(Bebas/berdiri sendiri) terhadap device lainnya.
  • Hub hanya bisa bekerja secara half-duplex sedangkan switch bekerja secara full-duplex. Artinya hub merupakan sebuah device yang hanya bisa mengirim atau menerima data pada waktu tertentu sedangkan switch mampu untuk bekerja secara penuh yakni bisa menerima dan mengirimkan data secara bersamaan. Jadi, switch memiliki suatu mekanisme untuk filtering dan forwarding terhadap traffic jaringan yang melewatinya.
  • Tingkat keamanan hub lebih rendah dibandingkan dengan switch.
  • Harga hub dipasaran lebih murah dibandingkan dengan switch.
  • Hub akan mentransmisikan data yang masuk ke semua komputer yang terhubung ke jaringan, sedangkan switch hanya akan mentransmisikan data yang masuk ke komputer yang membutuhkan/berkepentingan untuk menerima data tersebut.
  • Hub hanya memiliki satu pengontrol transmisi(Collision control), sedangkan switch memiliki pengontrol transmisi di setiap portnya.
  • Transfer data switch lebih cepat dibandingkan hub.


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan perbedaan antara hub dan switch, semoga bisa bermanfaat, lebih dan kurangnya kami mohon maaf, terima kasih.

Referensi : 
Membuat Jaringan Komputer Tanpa Bantuan Teknisi
https://id.wikipedia.org/wiki/Hub
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengalih_jaringan
http://www.infoteknologi.com/network/perbedaan-hub-dan-switch/
.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Perbedaan Hub dan Switch

0 komentar:

Poskan Komentar