Materi Kuliah, Pengetahuan Umum

Close
Selasa, 23 Februari 2016

Pengertian dan Perbedaan RAM dan ROM

Hallo!, selamat datang!. Pada artikel ini kami akan mengulas mengenai pengertian dan perbedaan RAM dan ROM, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian dan Perbedaan RAM dan ROM

Apa Arti RAM?

RAM yang kepanjangannya Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang merupakan salah satu media penyimpanan yang bersifat penyimpanan sementara. Bersifat sementara karena RAM tidak menyimpan data yang ada di dalamnya setelah daya/listrik pada komputer mati.

Fungsi RAM yaitu menyalin data/program dari harddisk yang kemudian akan diproses oleh CPU, dan menyalurkan data/program yang akan diolah oleh CPU ke Cache Memory. RAM menyimpan data dan program-program yang sedang berjalan, minimize, dan yang sedang berjalan di latar belakang.

RAM memiliki kemampuan transfer data yang lebih cepat dibandingkan perangkat penyimpanan lainnya. Semakin tinggi kapasitas RAM yang dimiliki oleh sebuah komputer, maka semakin baik performa dan kinerja komputer, karena mampu menyimpan banyak proses yang dijalankan CPU.

Apa Arti ROM?

ROM yang kepanjangannya Read Only Memory adalah perangkat keras komputer yang merupakan media penyimpanan yang bersifat hanya bisa dibaca dan data yang disimpan didalamnya permanen. Permanen artinya data yang ada pada ROM tidak akan hilang meskipun daya pada komputer hilang/mati.

Biasanya ROM sudah diisi program/data oleh pabrik pembuatnya. Contohnya ROM BIOS, ROM ini sudah berisikan program dasar sistem komputer sejak diproduksi, fungsinya mengatur atau mempersiapkan data dan program yang akan dijalankan saat pertama kali komputer dihidupkan (Boot).

Media penyimpanan ROM sangat mirip dengan CD-ROM yang mana CD-ROM juga media penyimpanan yang tidak bisa dihapus dan ditulisi ulang atau data yang ada di dalamnya permanen.



Apa Perbedaan RAM dan ROM?


Aspek
RAM(Random Access Memory)
ROM(Read Only Memory) BIOS
Fungsi
Memberikan salinan data/program yang dijalankan oleh processor(CPU) dari Harddisk, dan menyimpan data/program yang sedang diolah tersebut
Memberi dan mempersiapkan data/program yang akan dijalankan saat boot(Komputer dihidupkan)
Sifat
Penyimpanan sementara (Volatile). Bisa ditulis dan dihapus
Penyimpanan permanen (Non Volatile). Tidak bisa ditulis dan dihapus
Peran
Selama komputer beroperasi/dijalankan
Saat pertama komputer dihidupkan
Kecepatan
Lebih cepat dibandingkan ROM
Lebih lambat dibandingkan RAM
Pengaruh terhadap performa komputer
Ya, karena semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki maka semakin bagus performa komputer
Tidak, karena peranannya hanya pada saat komputer startup atau dihidupkan


Nah, demikianlah pembahasan tentang pengertian dan perbedaan RAM dan ROM, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan atau penjelasan. Terima kasih telah berkunjung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Perbedaan RAM dan ROM

1 komentar:

  1. Yang Academic Indonesia tahu sih kalo RAM bisa ditulis ataupun dihapus serta sifatnya sementara, sedangkan ROM adalah bawaan dari pabrikan, sifatnya permanen tidak bisa dihapus ataupun ditulis.

    BalasHapus