Materi Kuliah, Pengetahuan Umum

Close
Kamis, 19 November 2015

Pengertian dan Perbedaan Bangsa dan Negara

Di postingan ini kami akan mengulas tentang pengertian dan perbedaan antara bangsa dan negara, semoga pembahasan yang akan kami jelaskan di sini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Baiklah silakan simak saja kelanjutan dari artikel ini.

Pengertian dan Perbedaan Bangsa dan Negara

Pengertian Bangsa

Bangsa adalah orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarah serta berpemerintahan sendiri. Bangsa adalah kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi (Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua, Depdikbud, halaman 89). Jadi, Bangsa Indonesia adalah sekelompok manusia yang memiliki kepentingan yang sama dan menyatakan dirinya sebagai satu bangsa serta berproses di dalam satu wilayah, yaitu Nusantara/Indonesia.

Arti/Definisi Bangsa Menurut Para Ahli

Ernest Renan (Perancis)
Bangsa adalah sekelompok manusia yang berada dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah, serta cita-cita yang sama.

Otto Bauer (Jerman)
Bangsa merupakan sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter karena persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh berkembang bersama dengan tumbuh kembangnya bangsa.

Ben Anderson
Bangsa merupakan komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.

Hans Kohn
Bangsa itu terjadi karena adanya persamaan ras, bahasa, adat istiadat dan Agama yang menjadi pembeda antara bangsa satu dan bangsa lain.

Pengertian dan Pemahaman Negara

Negara adalah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tersebut.

Negara adalah satu perserikatan yang melaksanakan satu pemerintahan melalui hukum yang mengikat masyarakat dengan kekuasaan untuk memaksa untuk ketertiban sosial. Masyarakat ini berada dalam satu wilayah tertentu yang membedakannya dari kondisi masyarakat lain di luarnya.

Arti/Definisi/Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Menurut Ahli Dalam Negeri

Prof. Soenarko
Negara adalah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai souverien (kedaulatan).

O. Notohamidjojo
Negara adalah organisasi masyarakat yang bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya.

Prof. R. Djoko Soetono, SH
Negara adalah organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada dibawah pemerintahan yang sama.

G. Pringgodigdo, SH
Negara adalah organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang memenuhi persyaratan tertentu yaitu harus ada : Pemerintah yang berdaulat, wilayah tertentu dan rakyat yang hidup teratur sehingga merupakan suatu nation (bangsa).


Menurut Ahli Mancanegara

Aristoteles
Negara adalah persekutuan manusia dari keluarga dan desa untuk mencapai kehidupan sebaik-baiknya.

Harold J. Laski
Negara adalah persekutuan manusia yang mengikuti – jika perlu dengan tindakan paksaan – suatu cara hidup tertentu.

Dr. WLG. Lemaire
Negara adalah sebagai suatu masyarakat manusia yang teritorial yang diorganisir.

Plato
Negara adalah persekutuan manusia yang muncul karena adanya keinginan manusia dalam memenuhi kebutuhan yang beraneka ragam.

G. Jellinek
Negara adalah organisasi dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu atau dengan kata lain negara merupakan ikatan orang–orang yang bertempat tinggal di wilayah tertentu yang dilengkapi dengan kekuasaan untuk memerintah.

Max Weber
Negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu masyarakat.

Krenenburg
Negara adalah organisai kekuasaan yang diciptakan sekelompok manusia yang disebut bangsa.

Roger H. Soltou
Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan – persoalan bersama atas nama masyarakat.

Teori Terbentuknya Suatu Negara

1. Teori Hukum Alam(Plato & Aristoteles)
Kondisi alam -> Berkembang manusia -> Tumbuh negara.

2. Teori Ketuhanan
Segala sesuatu adalah ciptaan Tuhan

3. Teori Perjanjian(Thomas Hobbes)
Manusia menghadapi kondisi alam dan timbullah kekerasan. Manusia akan musnah bila ia tidak mengubah cara-caranya. Manusia pun bersatu untuk mengatasi tantangan dan menggunakan persatuan dalam gerak tunggal untuk kebutuhan bersama.

Proses Terbentuknya Suatu Negara di Zaman Modern

Proses ini bisa berupa penaklukan, peleburan(Fusi), pemisahan diri, dan pendudukan atas negara atau wilayah yang belum ada pemerintahan sebelumnya.

Unsur Negara

1. Konstitutif
Artinya dalam suatu negara terdapat wilayah yang meliputi udara, darat, dan perairan(Dalam hal ini unsur perairan tidak mutlak), rakyat atau masyarakat, dan pemerintahan yang berdaulat.

2. Deklaratif
Unsur negara yang ini ditunjukkan oleh adanya tujuan negara, undang-undang dasar, pengakuan dari negara lain baik secara "de jure" maupun "de facto", dan masuknya negara dalam perhimpunan bangsa-bangsa, misalnya PBB.

Bentuk Negara

1. Negara Kesatuan(Unitary State)
2. Negara serikat(Federation)

Perbedaan Bangsa dan Negara

Dari pengertian dan penjelasan di atas dapat disimpulkan perbedaan antara bangsa dan negara yaitu :
  • Bangsa merupakan sekelompok manusia yang tinggal/mendiami suatu wilayah yang disebut negara, dan suatu bangsa mengakui kekuasaan/pemerintahan dari negara yang ditempatinya. Jadi bangsa adalah penghuni suatu negara, sedangkan negara adalah tempat hunian bagi bangsa.
  • Bangsa merupakan sekelompok manusia yang memiliki keterikatan ras/bahasa/adat/agama/dll, sedangkan negara bisa terdiri dari beberapa kelompok yang bersatu.
  • Bangsa terikat oleh suatu keterikatan ras/bahasa/adat/agama/dll, sedangkan negara tidak.
  • Bangsa belum tentu memiliki negara, sedangkan negara sudah pasti memiliki bangsa.
  • Bangsa merupakan sekumpulan masyarakat, sedangkan negara merupakan organisasi besar
  • Tidak menutup kemungkinan suatu negara di isi oleh beberapa bangsa(Contohnya saja Indonesia yang terdiri dari banyak bangsa).


Demikianlah artikel mengenai pengertian dan perbedaan bangsa dan negara, semoga bermanfaat lebih dan kurang kami mohon maaf, terima kasih.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Bangsa
https://id.wikipedia.org/wiki/Negara
http://www.kompasiana.com/ekamara/perbedaan-negara-dan-bangsa_550ad9b4a333119c1e2e3a47
http://fisipunsil.blogspot.co.id/2010/04/pengertian-negara.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Perbedaan Bangsa dan Negara

0 komentar:

Poskan Komentar