Materi Kuliah, Pengetahuan Umum

Close
Kamis, 05 November 2015

Pengertian dan Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Kebanyakan orang salah berpersepsi mengenai ilmu dan pengetahuan yang mengira kedua hal tersebut adalah sama, padahal ilmu berbeda dengan pengetahuan. Maka dari itu pada artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian dan perbedaan antara ilmu dan pengetahuan, baiklah langsung saja silakan inetters sekalian menyimak pembahasan berikut ini.

Pengertian dan Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Pengertian/Definisi Ilmu

Ilmu atau sains adalah pengetahuan tentang fakta baik itu yang bersifat natural maupun sosial yang berlaku umum dan sistematis atau pengetahuan yang sudah diatur menurut urutan dan arti serta menyeluruh dan sistematis.

Contoh Ilmu 
Bahasa ialah ilmu, maka bahasa berlaku untuk umum dan sistematis. Siapa pun, kapan pun, di mana pun,  jika ingin mempelajari suatu bahasa, harus melalui tahap berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Hal ini membuktikan bahwa bahasa adalah ilmu yang mempunyai sifat umum dan sistematis yang dijadikan dasar/acuan. Jadi, siapakah guru bahasa? Guru bahasa adalah ilmu bahasa itu sendiri, sedangkan pengajarnya adalah pengampu/pemangku/penghubung ilmu bahasa.


Pengertian/Definisi Pengetahuan

Pengetahuan adalah informasi yang diketahui atau disadari oleh seseorang/kelompok dan belum dapat dipelajari oleh umum, tetapi pengetahuan bisa menjadi ilmu apabila telah dikaji dan diuji sehingga bisa tersedia untuk umum. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna.

Contoh Pengetahuan
Perdukunan atau ilmu batin, yang pelakunya biasa dipanggil paranormal dan sudah diakui manfaaat dan kebenarannya. Berhubung karena sifatnya masih individual/kelompok dan tidak sistematis dan tidak terbuka, maka orang yang ingin mempelajarinya harus mencari guru sendiri. Guru merupakan acuan yang harus diikuti karena guru merupakan itu sendiri (lain guru lain ilmu). Jadi, pengetahuan dapat dijadikan ilmu apabila sudah diuji, sistematis sehingga semua orang bisa mempelajarinya secara terbuka.

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

  • Ilmu bersifat umum, sedangkan pengetahuan bersifat individual atau kelompok
  • Guru dari suatu ilmu adalah ilmu itu sendiri, orang yang berperan dalam penyampaian ilmu hanyalah pengajar/pengampu, sedangkan guru dari pengetahuan adalah orang yang memiliki pengetahuan itu.
  • Ilmu telah diuji dan dikaji, sedangkan pengetahuan belum.
  • Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.
Sekian pembahasan mengenai pengertian dan perbedaan pengetahuan dan ilmu, semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi pembaca sekalian. Lebih dan kurangnya kami mohon maaf, terima kasih.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengetahuan
Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi (Google Books)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

0 komentar:

Poskan Komentar