Materi Kuliah, Pengetahuan Umum

Close
Selasa, 13 Oktober 2015

Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Para Ahli

Banyak ahli atau saintis yang berperan penting dalam perkembangan klasifikasi makhluk hidup, contohnya Aristoteles, Theophrastus, John Ray, Carolus Linnaeus, dan Charles Darwin. Berikut ini akan kami jabarkan apa saja klasifikasi makhluk hidup menurut para ahli yang sudah disebutkan tadi, simak selanjutnya.

Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Para Ahli

1. Aristoteles (384-322 Sebelum Masehi)

Aristoteles ialah seorang ilmuwan sekaligus filosof Yunani kuno yang merintis berkembangnya taksonomi, taksonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi makhluk hidup. Di dalam bukunya, Historia Animalum, ia memperkenalkan sekitar 520 jenis hewan. Oleh karena itu, Aristoteles dijuluki sebagai Bapak Zoologi.

Aristoteles mengelompokkan hewan menjadi dua kelompok, yaitu hewan berdarah merah seperti singa, harimau, kambing, dan lain lain, dan hewan yang tidak berdarah merah contohnya seperti belalang.

2. Theophrastus

Theophrastus ialah murid Aristoteles. Sebagai seorang pakar botani, ia memperkenalkan sekitar 500 jenis tumbuhan dalam bukunya Historia Plantarum. Ia mengeompokkan tumbuhan menjadi 4 kelompok, yaitu herba, semak, perdu, dan pohon.

3. John Ray

John Ray ialah seorang ilmuwan berkebangsaan inggris. Ia merintis pengelompokan makhluk hidup ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil. Dia juga lah yang mencetuskan konsep spesies. Menurut Ray, spesies adalah:
  • Sekelompok individu serupa yang memiliki nenek moyang yang sama.
  • TIdak dihasilkan jenis lain.
  • Organisme-organisme yang menunjukkan adanya perbedaan yang kecil,tetapi mereka berasal dari nenek moyang yang sama.

4. Carolus Linnaeus (1707-1778)

Di pertengahan abad ke-18, seorang ilmuwan dari Swedia yang bernama Carolus Linnaeus memperkenalkan klasifikasi baru hasil penyempurnaan dari klasifikasi John Ray. Menurut Linnaeus, suatu spesies adalah kelompok organisme yang memperlihatkan tipe yang khusus. Organisme yang memiliki tipe berbeda dari suatu spesies tertentu berarti tidak termasuk dalam spesies tersebut. suatu spesies tidak akan mengalami perubahan.

Selain itu, Linnaeus juga memperkenalkan tata nama makhluk hidup dengan pemakaian tingkatan atau takson dan nama ilmiah. Linnaeus mendeskripsikan dan mendaftarkan tumbuhan di dalam bukunya yang berjudul Species Plantarum (1753), sedangkan hewan dituangkannya di dalam bukunya yang berjudul Systema Naturae (1758).

5. Charles Darwin

Darwin mencetuskan klasifikasi baru mengenai evolusi. Dia meneliti banyak hewan dan tumbuhan selama bertahun-tahun dan menyimpulkan bahwa:
  • Masing-masing hewan dan tumbuhan berbeda satu sama lain.
  • Jumlah seluruh makhluk hidup tetap sama banyaknya dari tahun ke tahun.
  • Anak-anak cenderung mirip dengan kedua orang tuanya.
  • Semua makhluk hidup memiliki keturunan dalam jumlah banyak.

Di tahun 1859, Darwin menulis buku tentang evolusi yang berjudul The Origin of Species by Means of Natural Selection. Hingga saat ini Darwin dikenal sebagai Bapak Evolusi.

Referensi : Seri IPA Biologi SMP Kelas VII, Yudhistira Ghalia Indonesia

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Para Ahli

0 komentar:

Poskan Komentar