Materi Kuliah, Pengetahuan Umum

Close
Senin, 12 Oktober 2015

Doa Pendek Sebelum dan Sesudah/Setelah Belajar

Belajar adalah hal yang diwajibkan untuk setiap manusia di dunia, baik itu anak-anak, remaja, dewasa atau orang tua sekali pun. Tujuan dari diwajibkan nya belajar atau menuntut ilmu adalah agar setiap individu/manusia selalu berpikir dan tidak mudah terjebak dalam tipu daya, contoh saja jika kita tidak belajar membaca lalu ada orang yang memberi uang untuk upah kerja kita, apakah kita tahu berapa jumlah yang diberikannya. Nah maka dari itu ilmu adalah hal yang paling berguna untuk kehidupan setiap manusia.

Doa Pendek Sebelum dan Sesudah/Setelah Belajar

Pada artikel ini kami akan menyertakan doa sebelum dan sesudah belajar, tujuannya agar dalam kita mencari ilmu lebih dimudahkan dan dibukakan pikiran kita, sehingga lebih mudah memahami segala ilmu yang kita pelajari. Berikut ini beberapa doa tersebut.

Doa Sebelum Belajar


رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Rodittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyawwarasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa."


Artinya :
“Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

Doa Sesudah/Setelah Belajar


اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Allahumma innii istaudi'uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajati ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal 'aalamiin"

Artinya :
"Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya.Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam"


رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلله عَلَى كُلِّ حَالٍ
“Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaladzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kullihal”

Artinya :
“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan”


Semoga ilmu yang kita cari dapat mudah kita pahami dan dapat bermanfaat bagi kita dan orang lain, dan semoga Allah selalu memberi ilmu yang baik untuk kita, agar kita dapat selalu membedakan mana yang baik dan buruk. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Referensi :
http://kumpulan-doaislami.blogspot.co.id/2014/10/doa-sebelum-dan-sesudah-belajar-lengkap.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Doa Pendek Sebelum dan Sesudah/Setelah Belajar

0 komentar:

Poskan Komentar