Materi Kuliah, Pengetahuan Umum

Close
Rabu, 13 Mei 2015

Pengertian dan Perbedaan Cuaca dan Iklim

Pengertian dan Perbedaan Cuaca dan Iklim

Definisi Cuaca

Cuaca merupakan keadaan udara pada suatu tempat, maka dari itu, sering terjadi suatu tempat udara berawan atau hujan turun lebat, tetapi di tempat yang lain cuaca terang benderang. Ilmu yang mempelajari cuaca dinamakan Meteorologi. 

Pengamatan cuaca dilakukan secara terus menerus oleh badan meteorologi dan Geofisika (BMG) yang berpusat di jakarta. Badan Meterologi dan Geofisika ini bertugas menyelidiki dan mencatat keadaan udara seperti suhu udara, temperatur udara, tekanan udara, keadaan awan, dan curah hujan. Badan ini juga memiliki stasiun-stasiun pengamatan cuaca yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia.

Cuaca terjadi karena suhu dan kelembaban yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Perbedaan ini terjadi karena sudut pemanasan Matahari yang berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya karena perbedaan lintang bumi. Perbedaan yang tinggi antara suhu udara di daerah tropis dan daerah kutub bisa menimbulkan jet stream. Sumbu bumi yang miring dibanding orbit bumi terhadap Matahari membuat perbedaan cuaca sepanjang tahun untuk daerah sub tropis hingga kutub. Di permukaan bumi suhu biasanya berkisar ± 40° C. Selama ribuan tahun perubahan orbit bumi juga memengaruhi jumlah dan distribusi energi Matahari yang diterima oleh bumi dan memengaruhi iklim jangka panjang.

Cuaca di bumi juga dipengaruhi oleh hal-hal lain yang terjadi di angkasa, diantaranya adanya angin Matahari atau disebut juga star's corona

Definisi Iklim

Iklim merupakan keadaan rata-rata cuaca pada suatu daerah yang luas dan ditentukan berdasarkan perhitungan dalam waktu lama ( sekitar 11-30 tahun). Unsur iklim bersifat stabil dan iklim di bumi sangat dipengaruhi oleh posisi matahari terhadap bumi.

Iklim di suatu tempat di bumi dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi tempat tersebut. Pengaruh posisi relatif matahari terhadap suatu tempat di bumi menimbulkan musim, suatu penciri yang membedakan iklim satu dari yang lain. Perbedaan iklim menghasilkan beberapa sistem klasifikasi iklim.

Berdasarkan posisi relatif suatu tempat di bumi terhadap garis khatulistiwa dikenal kawasan-kawasan dengan kemiripan iklim secara umum akibat perbedaan dan pola perubahan suhu udara, yaitu kawasan tropika (23,5°LU-23,5°LS), subtropika (23,5°LU-40°LU dan 23°LS-40°LS), sedang (40°LU-66,5°LU dan 40°LS-66,5°LS), dan kutub (66,5°LU-90°LU dan 66,5°LS-90°LS).

Perbedaan Antara Cuaca dengan Iklim

Dari pengertian atau definisi cuaca dan iklim diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara cuaca dan iklim terletak pada luas daerah liputan dan lamanya waktu pengamatan.

  • Cuaca dikenal sebagai keadaan udara setempat yang memiliki wilayah cakupan yang lebih sempit dibandingkan dengan iklim yang meliputi wilayah yang luas. 
  • Keadaan cuaca ditentukan dengan pengamatan yang dilakukan dalam waktu yang singkat (24 Jam ), sementara keadaan iklim ditentukan setelah melalui pengamatan dalam waktu yang lama. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Perbedaan Cuaca dan Iklim

0 komentar:

Poskan Komentar