Materi Kuliah, Pengetahuan Umum

Close
Minggu, 17 Mei 2015

Apa Itu Global Warming? Ini Pengertian, Penyebab, dan Dampak Pemanasan Global

Apa Itu Global Warming? Ini Pengertian, Penyebab, dan Dampak Pemanasan Global

Apa itu Pemanasan Global?
Hidup di era modern dan di abad ke-21 ini tentu sudah tidak asing dengan pengaruh global warming, udara yang semakin panas kita rasakan dan cuaca ekstrim yang terjadi adalah dampak dari pemanasan global ini, global warming mungkin tidak dapat dihentikan karena perkembangan teknologi juga semakin pesat, efek rumah kaca, dan terlebih lagi usia bumi yang semakin tua. 

Kendati demikian jika kita tidak dapat menghentikan pemanasan global setidaknya kita tidak menjadi penyebab pemanasan global tersebut. Pada artikel ini akan dijelaskan apa itu pemanasan global, penyebab, dan dampak yang di hasilkan olehnya.

Pengertian Global Warming

Global Warming atau dalam bahasa Indonesia nya Pemanasan Global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata permukaan Bumi sudah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "Sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia." melalui efek rumah kaca. 

Kesimpulan dasar yang telah disebutkan tadi telah dikemukakan oleh lebih dari 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Meski demikian, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.


Penyebab Global Warming

Faktor penyebab terjadinya pemanasan global diantaranya :

1. Rumah Kaca
Banyaknya bangunan rumah atau gedung yang menggunakan konsep rumah kaca adalah penyebab terjadinya pemanasan global. Panas cahaya matahari yang seharusnya diserap malah dipantulkan kembali oleh kaca gedung-gedung di kota besar, tentu hal ini menambah panas bumi.

2. Polusi asap dari pabrik atau perusahaan industri.
Kebutuhan tenaga kerja dan persaingan bisnis yang semakin meningkat menghasilkan banyaknya lapangan pekerjaan yang berbentuk pabrik industri. Polusi dari aktifitas industri pabrik-pabrik tersebut meningkatkan tingkat panas bumi.

3. Polusi asap dari pembangkit listrik bahan bakar fosil 
Ketergantungan yang semakin meningkat pada listrik dari pembangkit listrik bahan bakar fosil membuat semakin banyaknya pelepasan gas karbon dioksida sisa pembakaran ke atmosfer yang mengakibatkan polusi karbon dioksida.

4. Polusi asap dari pembakaran bensin untuk transportasi
Permintaan dan pengguna kendaraan bermotor kian hari semakin banyak, karena pertumbuhan manusia yang pesat dan juga kebutuhan transportasi. Hal ini menjadi sumber polusi karbon dioksida yang berasal dari mesin kendaraan-kendaraan bermotor.


5. Banyak penebangan pohon dan pembakaran hutan.
Kita ketahui bahwa pohon dengan daunnya dapat menghasilkan banyak oksigen, tetapi hutan di bumi semakin hari semakin berkurang karena ditebang untuk kebutuhan bahan baku pembangunan. Hal ini tentu mengakibatkan pendaur ulang karbon dioksida menjadi berkurang, oksigen berkurang, sedangkan karbon dioksida semakin banyak, dampaknya dapat kita rasakan yaitu udara yang semakin panas itu juga.

6. Berlebihannya penggunaan pupuk kimia
Penggunaan pupuk kimia untuk pertanian meningkat dengan pesat. Pupuk kimia ini memiliki kekuatan panas yang lebih kuat dari pada karbon dioksida, akibatnya bumi semakin panas. Pupuk kimia yang meresap masuk ke dalam tanah juga bisa mencemari sumber-sumber air mineral bersih.

7. Semakin menipisnya lapisan ozon atau atmosfer

8. Usia bumi yang semakin menua.


Dampak Pemanasan Global

  1. Suhu bumi semakin panas.
  2. Berkurangnya oksigen dan bertambahnya karbon dioksida pada atmosfer.
  3. Permukaan air laut naik.
  4. Intensitas terjadinya badai meningkat.
  5. Tingkat gagal panen pada pertanian meningkat dan produksi menurun.
  6. Makhluk hidup terancam dan berkemungkinan punah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Itu Global Warming? Ini Pengertian, Penyebab, dan Dampak Pemanasan Global

1 komentar: